SELEKSI PERANGKAT DESA Se-KECAMATAN CIHAURBEUTI

Rabu, 20 Pebruari 2018 dilaksanakan Seleksi Perangkat Desa se-Kecamatan Cihaurbeuti yang bertempat di Aula Kecamatan Cihaurbeuti.

Dari kiri : Perwakilan Danramil Cihaurbeuti, Kapolsek Cihaurbeuti, Camat Cihaurbeuti, Tim DPMD Kab. Ciamis dan Kasi Tapem Kecamatan Cihaurbeuti
Kapolsek Cihaurbeuti turut serta memberikan sambutan dan arahannya dalam pelaksanaan Seleksi Perangkat Desa ( Rabu, 20/02/2019 )

Dalam Sambutan Camat Cihaurbeuti saat akan dilaksanakannya Test/Seleksi Perangkat Desa, menjelaskan ” dengan diberlakukan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, bahwa tugas bendahara itu dilaksanakan oleh kaur keuangan dan perencanaan “.

” Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 80 tahun 2016 yang diubah dengan Perbup nomor 57 tahun 2018 tentang Perubahan Struktur Organisasi Pemerintah Desa, setiap desa terdapat satu kekosongan jabatan “. tandas Asep Khalid Fajari, S. I. P ( Camat Cihaurbeuti )

Peserta Seleksi Perangkat Desa dari 11 Desa se-Kecamatan Cihaurbeuti
Antusias Peserta di ikuti 50 orang terdiri dari 29 orang Laki-Laki dan 21 orang Perempuan dengan pengadaan soal difalitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Ciamis

Menurut Dedi Somatri ( Kasi Tapem Kecamatan Cihaurbeuti ) di sela pelaksanaan test, mengatakan ” Bendahara Desa dihilangkan, untuk mengoptimalkan kinerja Kaur Keuangan dan Perencanaan, maka dipisah menjadi dua kaur yakni Kaur Keuangan dan Kaur Perencanaan “.

Lanjutnya ” untuk teknis mekanisme pengisian perangkat desa sudah diatur seusai Perda nomor 11 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Saat ini dilaksanakan seleksi perangkat desa secara serentak yang difasilitasi oleh Tingkat Kecamatan Cihaurbeuti, dan untuk pengisian jabatan tersebut, Kades juga bisa melakukan mutasi/rotasi antar perangkat desa selain lewat seleksi perangkat desa ” tambah Dedi ( 20/02/2019 )

” Pelaksanaan test tertulis calon perangkat desa se-Kecamatan di Aula Kecamatan dapat berjalan lancar, aman dan tertib berkat kerjasama panitia desa, pemerintah desa dengan Tim Fasilitasi Kecamatan dan dinas terkait ” tambah Dedi Somantri selaku Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Cihaurbeuti.

“ Ketika desa akan menambah jabatan perangkat desa, harus berstatus desa swakarya dan swasembada, untuk di Kecamatan Cihaurbeuti sudah memenuhi syarat desa swakarya dan desa swasembada”  ungkap Dedi Somantri

Pihaknya berharap dengan bertambahnya SOTK baru, kinerja perangkat desa bisa lebih meningkat lagi dalam melayani masyarakat dan pemerintahan desa. (erha)***

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *